Kamis, 11 Oktober 2012

Jual Daun Katuk

Jual Daun Katuk; Di Indonesia, daun katuk tumbuh di dataran dengan ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut. Bentuknya perdu dan bisa mencapai tinggi dua hingga tiga meter, dengan cabang-cabang yang cukup lunak. Daun katuk tersusun selang-seling pada satu tangkai, berbentuk lonjong bundar. Bunga daun katuk berbentuk tunggal berkelompok tiga.
Tumbuhan ini dapat diperbanyak melalui stek dari batang yang berkayu, dengan panjang  kurang lebih 20 sentimeter dan disemaikan terlebih dahulu.
Daun yang memiliki nama latin Sauropus androgynus ini, dipercaya dapat memperlancar ASI karena memiliki efek hormonal dari kandungan kimia sterol yang bersifat estrogenik. Katuk juga mengandung efedrin, protein, lemak, hidrat arang, serat, abu, kalsium, fosfor, besi, karoten (vitamin A), B, dan C, serta air.
Daun ini juga kaya vitamin K, pro-vitamin A (beta-karotena), B dan C. Selain itu, mineral yang dikandungnya adalah kalsium, besi, kalium, fosfor dan magnesium, sehingga bagi ibu menyusui disarankan  mengonsumsi daunnya untuk memperlancar keluarnya ASI.
Namun perlu diketahui, daun katuk mengandung papaverina yakni suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin.  Daun katuk yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dalam kondisi mentah juga dapat mengakibatkan berbagai efek samping yang buruk bagi tubuh. Masalah yang timbul antara lain sulit tidur, tidak enak makan, dan sesak nafas.
Agar bisa mengatasi ASI yang macet, daun katuk bisa direbus atau ditumis terlebih dahulu seperti mengolah kangkung atau daun bayam.  Hal itu perlu dilakukan untuk menghilangkan racunnya. Solusi lainnya adalah mengonsumsi kapsul Lansi lancar ASI yang bahan dasarnya dari katuk. (solopos.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar